Mungkin beberapa pengguna laptop/PC tidak familiar dengan baterai CMOS, sebuah baterai yang secara fisik agak mirip dengan baterai jam tangan dengan ukurannya yang sedikit lebih besar. Pada dasarnya baterai CMOS ini hanya digunakan sebagai penghitung jam real-time, dan sebagai penyimpan pengaturan BIOS. 

Karena bentuknya yang kecil, komponen ini jarang diperhatikan, di bawah ini adalah beberapa error yang mungkin kamu alami ketika baterai CMOS habis atau rusak.

1. Pengaturan Sistem dan Tanggal tidak Tersimpan

Karena fungsinya untuk menghitung jal real-time,  ketika baterai CMOS habis maka pengaturan system yang sudah tersimpan pada Laptop dan Komputer akan kembali ke default. Seperti tanggal pertama perangkat dibuat,hal ini karena semua pengaturan tersebut sebenarnya tersimpan dalam sistem BIOS,namun dikarenakan baterai CMOS habis akhirnya semua pengaturan pada BIOS tidak tesimpan lagi. Anda bisa mengaturnya dengan masuk ke system, namun jika anda menghidupkan ulang, maka kamu harus mengatur ulang tanggalnya.

2. Komputer/Laptop restart sendiri

Efek lainnya jika baterai CMOS habis adalah komputer atau laptop sering melakukan restart sendiri. Jika baterai CMOS habis atau rusak, maka tiap kali masuk Windows komputer akan restart sendiri. Tentunya ini sangat mengganggu ketika sedang ingin mengerjakan pekerjaan di laptop/pc sahabat.

3. Tidak bisa Booting Windows

Ketika laptop/pc sahabat kehabisan daya baterai CMOS ini dampaknya adalah pengaturan yang sebelumnya sudah tersimpan di sistem BIOS seperti jenis drive yang digunakan dan di booting akan berubah kembali ke default. Yang biasanya akan merubah pilihan disk untuk boot sehingga Komputer/Laptop anda tidak mampu melakukan Booting. 

Nah itu dia Sahabat tanda-tanda jika baterai CMOS kamu habis! Jadi gak cuma baterai yang tertanam pada laptop yang harus kamu perhatikan, baterai CMOS juga perlu diperhatikan jika tidak mau mengalami hal-hal di atas.

Namun jika sudah mengalami hal tersebut kamu bisa mengonsultasikannya ke Pemmztechie dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).