Usb tidak terdeteksi menjadi masalah yang mungkin terjadi pada perangkat Kamu, hal ini bisa disebabkan beberapa kemungkinan, bisa jadi dari port USB yang memang bermasalah, usb yang rusak, atau kebiasaan mencabut flashdisk tanpa melakukan eject / safety removed hardware, dan masalah lainnya. namun umumnya USB yang tidak terdeteksi disebabkan karena adanya corruption atau tidak responsif terhadap upaya akses data yang ada di dalamnya. 

Saat hal ini terjadi sahabat gak perlu buru-buru untuk datang ke tempat service, beberapa cara dibawah ini bisa sahabat techie coba sebelum memutuskan untuk service atau menggantinya.

1. Merestart Laptop

Cara paling mudah dan simple yang bisa sahabat lakukan adalah dengan melepas semua perangkat yang terhubung di port USB dengan tujuan agar memuat ulang sistem komputer supaya bekerja lebih optimal, sahabat bisa merestart laptop/komputer dan setelah komputer kembali menyala, dalam beberapa menit kembali hubungkan perangkat ke port USB.

2. Matikan Power Management pada USB Root Hub

Cara lainnya yang bisa sahabat techie coba untuk mengatasi permasalahan USB yang tidak terdeteksi yakni dengan memanfaatkan USB Root Hub. Cara ini bisa dicoba jika kamu yakin jika Port USB dan kabel USB ataupun flashdisk yang sahabat gunakan dalam kondisi yang baik dan tidak rusak, langkah-langkahnya, pertama klik start dan masuk ke menu Device Manager. Kemudian, klik Universal Serial Bus Controllers dan langsung pilih USB Root Hub. Lalu, pilih menu Power Management dan hapuslah tanda checklist pada bagian Allow computer to turn off this device to save power. Terakhir,  langsung klik OK yang ada pada bagian bawah.

3. Ubah pengaturan USB selective suspend

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan merubah pengaturan USB selective suspend, langkah-langkahnya adalah pertama buka Control Panel dan klik Power Options, lalu Klik Change plan settings, kemudian Pilih Change advanced power settings dan Klik USB Settings dan USB selective suspend settings, terakhir nonaktifkan pengaturan On battery dan Plugged in dan klik Apply dan OK

Nah! Itu dia cara yang bisa kamu lakukan sendiri jika USB tidak dapat terdeteksi di perangkat kamu sahabat techie.

Jika kamu memiliki masalah pada laptop, yuk langsung konsultasikan ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).