Baterai tidak mau mengisi saat dicas? Bisa jadi ada kerusakan pada IC power laptop Anda. Pastikan untuk mengetahui terlebih dahulu perkiraan harga service IC power laptop supaya bisa mempersiapkan besaran budget untuk dikeluarkan.

Kalau dilihat dari masalahnya, kerusakan pada IC laptop ini tergolong hardware, sehingga ada dua kemungkinan yaitu memperbaiki komponen yang rusak tersebut atau langsung menggantinya dengan yang baru.

Kalau diperkirakan harga dan biaya service IC power laptop dimulai dari 1 juta untuk sekali perbaikan. Tentunya setiap teknisi punya penentuan harga yang berbeda-beda bisa lebih mahal tergantung lokasi dan layanan yang digunakan.

Kenapa Harga Service IC Power Laptop Mahal?

Karena komponen tersebut mempunyai fungsi yang sangat penting dalam supply daya laptop. Sederhananya seperti ini, baterai memberikan daya ke IC power kemudian komponen IC power tersebut akan membaginya kembali sesuai dengan kebutuhan komponen laptop.

Dengan demikian, tanpa IC Power laptop Anda tidak akan berfungsi. Kalaupun bisa digunakan harus dicas terus ke adapter, kalau tidak maka laptop tidak menyala.

Satu lagi, alasan kenapa harga service IC power dianggap mahal bagi sebagian orang yaitu karena komponennya yang cukup langka. Terutama untuk unit-unit laptop high-end seperti Asus ROG, Lenovo Legion, MSI, dan sejenisnya.

Ciri-Ciri Kerusakan Pada IC Power Laptop, Apa Saja?

Setelah mengetahui harga service IC power laptop yang ternyata cukup mahal, sekarang kita mulai berpikir apa saja ciri-ciri kerusakan IC, sehingga bisa langsung ditangani.

service ic power laptop

1. Indikator Baterai Tidak Bertambah Saat Dicas

Perhatikan di bagian pojok kanan bawah, saat dicas umumnya icon baterai akan menujukkan progress sedang mengecas. Jika terdapat masalah pada IC power maka ada dua kemungkinan.

Pertama, indikator baterai tidak menunjukkan tanda-tanda mengecas sama sekali seakan-akan tidak dicolok ke adapter. Kedua, tulisannya mengisi daya (plugged not charged) tetapi angka persen tidak bertambah.

Sebagai contoh Anda mengecas laptop jam 6 pagi, sampai jam 12 siang masih saja 1% tidak ada perubahan.

2. Laptop Sering Mati Secara Tiba-Tiba

Kemudian, ciri-ciri kerusakan IC yang perlu diperhatikan adalah indikator persentase baterai yang tidak sesuai. Contohnya angka menunjukkan masih 20% namun laptop langsung mati tanpa ada pemberitahuan apapun.

Keanehan lainnya adalah ketika laptop kondisi 1% baru dicas 5 menit sudah 80% angka yang bertambah secara tidak wajar ini bukanlah hal yang wajar, sehingga wajib dicek lagi.

“Catatan Pemmztechie: Kedua ciri-ciri kerusakan IC power di atas nyaris serupa dengan masalah pada komponen baterai. Untuk mengetahui kerusakan lebih pasti maka bawa laptop Anda ke tukang service laptop

3 Penyebab Kerusakan IC Power Laptop, Cek Nomor 2!

Terkadang masalah IC power ini bisa muncul karena banyak hal termasuk kelalaian user. Berikut ini beberapa poin penting yang tidak boleh dilewatkan.

1. Laptop Terlalu Sering Overheating (Panas Berlebih)

Suhu aman maksimal yang bisa dihandle oleh sebuah laptop tidak lebih dari 70 derajat, lebih dari itu sudah pasti ada risiko tersendiri yang harus siap ditanggung. Kami ingatkan lagi, kasus overheating ini memberikan masalah yang besar terhadap kerusakan komponen.

Untuk mencegahnya, Anda bisa menggunakan cooler berkualitas, jangan main laptop di atas kasur, dan memperhatikan indikator suhu saat menggunakan laptop untuk pekerjaan berat.

2. Sering Menggunakan Charger KW dan Bukan Tipenya

Menggunakan charger yang bukan ori bisa menjadi awal munculnya kerusakan pada IC power laptop. Hal ini dikarenakan arus listrik yang diterima oleh komponen menjadi tidak stabil. Kurangi meminjam charger laptop milik teman, kecuali memang tipe unit dan serinya benar-benar sama.

3. Menggunakan Laptop di Ruangan Lembap

Sepele tapi ternyata penting, menggunakan laptop di ruangan yang lembap ternyata bisa memberikan pengaruh buruk terhadap kondisi IC power bahkan komponen laptop secara menyeluruh. Alasannya karena ruangan yang tertutup dan lembap bisa membuat komponen laptop lebih cepat korosi dan berjamur

Baca juga: Tempat Service Laptop Mangga Dua Jujur dan Terpercaya

Info Jasa Service IC Power Laptop Profesional, Segini Tarif Service-nya

Apakah IC power laptop Anda bermasalah? Jika iya, maka jangan ragu untuk menghubungi Pemmztechie. Kami bisa memperbaiki berbagai masalah menyakut laptop termasuk masalah software  dan hardware.

Kami memberikan estimasi harga service IC power laptop mulai dari Rp1.000.000 menyesuaikan dengan tipe dan harga dari komponen IC tersebut. Sparepart yang diganti kami pastikan original.

Semua perbaikan untuk jenis dan seri laptop bisa kami terima, seperti Asus, Acer, Lenovo, HP, Axioo, Dell, dan lain-lain. Bahkan termasuk tipe laptop gaming yang tergolong langka dan membutuhkan service khusus langsung dari ahlinya.

Saat ini ada 3 titik lokasi service Pemmztechie yang bisa Anda kunjungi, yaitu di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jogja. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai harga service IC power laptop dan teknis perbaikan silahkan hubungi kami melalui kontak yang tersedia.