Berapa harga service laptop mati total? Mati total/matot adalah masalah kerusakan laptop yang bisa dibilang misterius. Alasannya karena ada banyak penyebab yang bisa membuat hal buruk ini menimpa Anda.

Jika diperkirakan biaya service laptop mati total ini lebih kurang mulai dari Rp300.000 – Rp700.000. Namun tunggu dulu, kami belum selesai membahas hal ini. Harga tersebut hanya berlaku untuk estimasi umum jika kerusakan terletak pada RAM, HDD Bad sektor, atau SSD yang sudah rusak.

Sebenarnya budget yang disiapkan bisa lebih dari itu. Kenapa bisa demikian? Mari kita pahami dulu lebih jauh memangnya mati total yang dimaksud itu seperti apa supaya lebih mudah mengetahui kerusakan dan masalah pada unit laptop kesayangan.

Harga Service Laptop Mati Total Menurut Kerusakannya

Ya, benar sekali kerusakan pada laptop maupun notebook tidak bisa dipukul rata. Ada yang kerusakan ringan ada juga masalah yang cukup berat, sehingga memerlukan bantuan teknisi yang benar-benar ahli untuk melakukan perbaikannya dan harga service berbeda-beda.

1. Mati Total Karena RAM Tidak Terbaca/Rusak

RAM (Random Access Memory) ini adalah bagian penting untuk memastikan Anda bisa mengakses laptop dan menjalankan program-program di dalamnya.

Jika ada kerusakan pada komponen ini, maka ada kemungkinan muncul blue screen (BSOD) berulang dengan tulisan stopcode: Memory Management.

Kondisi terparahnya adalah laptop tidak menyala sama sekali alias mati total. Perlu Anda ketahui bahwa tanpa adanya RAM, laptop tidak akan berfungsi.

Jika masih penasaran bisa melakukan eksperimen sendiri, cabut RAM pada laptop lalu tekan tombol power, 100% laptop tidak akan menyala.

Oh iya, harga service laptop mati total karena masalah RAM lebih kurang perlu menyiapkan budget Rp300.000-Rp4.000.000 tergantung tipe RAM dan kapasitasnya apakah DDR3 atau DDR4. Kapasitas RAM juga bervariasi ada yang 2 GB – 32 GB.

2. Kerusakan Pada Layar LCD Laptop

Secara teknis sebenarnya laptop yang layarnya bermasalah tidak benar-benar mati, kondisi mesin menyala hanya saja tidak menunjukkan display apa-apa sehingga banyak yang mengira ini mati total.

Terlepas dari hal ini, masalah layar pada laptop ini biaya service-nya cukup besar menyesuaikan tipe layarnya juga. Ada IPS , TN, VA, layar yang murah adalah TN sedangkan termahal IPS.

Selain itu, ukuran inchi dari display juga mempengaruhi harga sparepart. Estimasi harga service LCD laptop mati karena masalah layar sekitar Rp700.000 – Rp1.500.000.

3. Mati Total Karena OS Corrupted

Apakah Anda baru-baru ini melakukan update windows lalu mendapati laptop sudah ngeblank tidak muncul apa-apa? Hal semacam ini disebut kerusakan software.

Solusinya adalah instal ulang atau  melakukan recovery untuk kembali ke versi sebelumnya. Biaya service laptop ngeblank mati total karena software lebih murah sekitar Rp50.000 – Rp100.000 tergantung teknisinya.

4. Mati Total Sebab HDD/SSD Rusak

Kerusakan berikutnya yang bisa menyebabkan laptop tidak masuk ke home adalah karena HDD/SSD yang terpasang sudah rusak. Kedua komponen ini memang rata-rata punya masa pakai yang lama. Terutama HDD bisa sampai bertahun-tahun, namun bukan berarti komponen ini punya ketahanan abadi.

Setiap sparepart laptop dan notebook bisa rusak, termasuk kedua media penyimpanan ini. Biaya service laptop mati total disebabkan HDD/SSD bermasalah yaitu sekitar Rp300.000 – Rp400.000 (menyesuaikan kapasitas penyimpanan, merek, dan jasa pasang).

5. Masalah Baterai

Masih berlanjut penyebab mati total pada laptop memang cukup banyak, kali ini masalah bisa muncul ketika baterai laptop sudah bocor atau tidak mau menyimpan daya.

Sebenarnya hal ini masih bisa diatasi dengan menggunakan laptop dengan menghubungkannya dengan adapter terus-menerus. Hanya saja cara ini tidak direkomendasikan untuk jangka panjang karena suhu laptop sudah pasti akan semakin panas.

Jika sudah seperti ini maka Anda perlu pertimbangkan untuk membeli baterai baru. Perkiraan harga service laptop mati total karena baterai adalah mulai dari sekitar Rp 450.000.

6. Masalah Motherboard dan BIOS

Tidak sengaja mengupgrade BIOS lalu gagal? Biasanya hal ini bisa menjadi pemicu mati total pada laptop (apapun mereknya). Ini adalah masalah serius, instal ulang 10 kali sekalipun tidak akan membuat laptop Anda hidup.

Service Motherboard Laptop Mati Total Ganti Sparepart Resmi

Lantas bagaimana solusinya? Bawa ke tempat service laptop, siapkan dana Rp100.000 – Rp300.000 bisa lebih tergantung tarif teknisinya.

Selain itu, masalah fatal lainnya adalah motherboard. Jika komponen ini yang bermasalah maka Anda harus rela menyiapkan budget service motherboard laptop sekitar Rp1.000.000 – Rp2.000.000 bahkan bisa setara dengan harga 1 laptop itu sendiri.

Demikian penjelasan mengenai harga service laptop mati total, semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

Ingin mendapatkan harga service kompetitif dengan jaminan garansi hingga 3 bulan? Datang langsung ke teknisi Pemmztechie, alamat lengkap kami cantumkan di bawah.

  • Jln. Tanjung Duren Raya 17a, Blok A11 KAV16, Jakarta Barat
  • Ruko DTA Square Kav F12A, Jl Seturan Raya – Kledokan 9A, Sleman, Yogyakarta
  • Jln. H. Nawi Raya 9M, Ruko Galeri Niaga, Jakarta Selatan