Kerusakan tombol power pada laptop memang sangat merepotkan, meskipun kondisi mesin semuanya normal tapi jika bagian tersebut tidak bisa ditekan maka laptop tentunya tidak bisa hidup.

Kalau diperkirakan biaya service tombol power laptop ini bervariasi, dengan asumsi tipe laptop yang Anda miliki bagian power-nya menyatu dengan keyboard, maka estimasi biaya yang perlu disiapkan lebih kurang sama dengan service keyboard laptop yaitu sekitar 250 – 300 ribu.

Tapi tunggu dulu, ada beberapa tipe laptop yang tombol powernya terpisah. Jadi sebelum, membawanya ke tempat service. Sebaiknya kita perhatikan dulu kerusakan dan apa yang membuat hal semacam ini bisa terjadi.

Kenapa Tombol Power Laptop Bisa Rusak?

Pada tombol laptop yang menyatu dengan keyboard, kerusakan terjadi karena adanya “Short” pada circuit atau jalur keyboard. Hal ini bisa terjadi karena banyak hal, misalnya:

service tombol power laptop terbaik

  • Terlalu kasar saat menekan tombol power
  • Banyaknya debu yang menumpuk di bagian keyboard
  • Keyboard terkena air atau tumpahan cairan
  • Tombol power laptop masuk ke dalam
  • Tombol power terlalu sering ditekan
  • Adanya kegagalan sistem sambungan teknis di bagian dalam komponen

Secara umum penyebabnya karena masalah hardware alias perangkat keras laptop, sehingga perbaikannya juga perlu dibongkar antara mengecek bagian yang rusak atau menggantinya dengan part baru.

Kesalahan di atas bisa terjadi karena human error maupun faktor eksternal. Bahkan terkadang laptop yang jarang digunakan juga bisa menjadi pemicu munculnya masalah yang sama.

Seperti yang sudah kami sampaikan, jika tombol power menggabung jadi satu dengan keyboard maka perbaikan sedikit lebih mudah. Namun, kesulitan bertambah jika posisi tombol tersebut terpisah. Komponen yang kecil pada laptop cenderung lebih sulit dicari penggantinya.

Lantas adakah cara darurat untuk menyalakan laptop tanpa tombol power?

Cara Menghidupkan Laptop Tanpa Tombol Power

Ada salah satu cara teknis untuk menghidupkan unit laptop tanpa bantuan tombol power. Setiap tipe laptop lokasi tombolnya berbeda-beda, ada yang di samping kanan bawah pojok kanan atas, bahkan pojok kiri. Perhatikan tampilan tombol di bagian depan sebelum menentukan posisinya.

  • Pertama, Anda perlu membongkar laptop dari bagian belakang untuk menemukan lokasi tombol power
  • Kemudian, lepaskan tombol umumnya Anda bisa melihat 3 sampai 6 pin di bagian bawah tombol
  • Lalu, hubungkan pin dengan kawat atau konduktor lainnya seperti obeng
  • Selesai, laptop akan menyala ketika Anda menghubungkan pin dengan konduktor tersebut

Catatan: Metode ini sangat tidak direkomendasikan terutama untuk Anda yang awam dalam pembongkaran laptop. Jika tujuan utamanya adalah menyelamatkan data, maka datangi teknisi service laptop terdekat di lokasi Anda untuk menyalin data-data penting ke HDD/SSD eksternal.

Service Tombol Power Laptop Terima Beres dan Aman

Mengalami kendala seperti di atas? Anda bisa menghubungi teknisi Pemmztechie untuk memperbaiki tombol power laptop yang bermasalah. Apa pun jenis dan tipe laptop Anda, kerusakan software dan hardware pada laptop bisa segera tuntas setelah di bawa ke Pemmztechie.

Kami melayani service tombol power laptop Asus, Acer, Lenovo, HP, Axioo, MSI, Toshiba, Dell, dan sebagainya. Tidak masalah meskipun lokasi tombol power menyatu atau terpisah dengan keyboard, kami tetap bisa memperbaikinya.

Baca juga: Servis Laptop Terbaik Pemmztechie Resmi Berpartner dengan Lenovo

Meskipun saat ada beberapa kerusakan laptop yang bisa Anda cari tutorialnya di Youtube dan internet. Namun untuk kerusakan teknis semacam ini rasanya mustahil, bahkan jika nekat melakukannya justru berisiko menyebabkan kerusakan lebih parah lagi.

Teknisi dengan pengalaman dan peralatan yang lengkap mampu meminimalisir hal semacam ini. Kami bekerja dengan teliti memastikan setiap proses service dilakukan dengan hati-hati.

Lebih dari 1000+ pelanggan telah mempercayakan masalah laptopnya kepada Pemmztechie. Jadi, Anda tidak perlu ragu dengan layanan yang kami sediakan.

Namun, untuk soal harga sebaiknya langsung berkonsultasi dulu dengan admin. Kami perlu tahu tipe laptop Anda, karena hal tersebut berpengaruh juga terhadap tarif service.

Apakah Ada Garansi untuk Service Tombol Power Laptop?

Ada, kami memberikan garansi mulai dari 1 sampai dengan 3 bulan, resmi dari teknisi. Masa garansi bervariasi menyesuaikan dengan kerusakan komponen, penjelasan lebih akuratnya akan disampaikan langsung oleh admin Pemmztechie.

Untuk sistem perbaikan, Anda perlu datang ke lokasi kami. Estimasi waktu reparasi adalah 3-5 hari, tergantung kerusakan serta padatnya antrean service.

Salah satu keunggulan layanan Pemmztechie adalah teknisinya jujur dan mau menjelaskan kerusakan laptop. Kami selalu berusaha untuk transparan, tidak ada sparepart yang diganti kecuali sudah ada persetujuan dari pemilik unit laptop.

Jika Anda punya pertanyaan lain mengenai layanan ini, silahkan hubungi kami untuk mendapatkan informasi biaya service lebih lengkap. Sekian dan terima kasih, semoga penjelasan ini bermanfaat.