Di era yang modern seperti sekarang ini, toko service laptop terdekat akan terus diandalkan oleh banyak orang. Namun, sebagian pelanggan pernahkah Anda memperhatikan kualitas dari tempat service ketika menggunakan jasanya?

Mungkin ada yang melakukannya, ada juga yang tidak. Izinkan kami untuk memberitahu bahwa mencari tukang service yang terpercaya itu sangat penting, bukan sekadar formalitas cek harga langsung asal percaya.

Banyak yang tidak paham mengenai risiko kecerobohan memilih jasa yang salah, mulai dari privasi yang bocor sampai dengan kerugian secara materi bisa ternyata bisa terjadi jika Anda kurang teliti.

Oleh karenanya, untuk meningkatkan pemahaman bagi pengguna laptop. Kami sudah menyiapkan rangkuman mengenai tips mencari toko service yang berkualitas dan terpercaya.

Tidak ada salahnya untuk menyimak informasi ini 5 menit, daripada nanti malah menyesal karena kurang teliti.

toko tukang service laptop terdekat

1. Pastikan Ada Perjanjian Di Awal

Belum apa-apa kok sudah perjanjian, bagaimana maksudnya? Jadi begini, ketika Anda mempercayakan proses service pastikan sudah membuat kesepakatan, perhatikan berapa lama estimasi waktu perbaikan untuk memastikan kejelasan servicenya.

Selain itu, pegang kata-kata teknisi jangan sampai ia mengganti atau mengubah komponen di luar pengerjaan utama. Apabila ditemukan kerusakan lain, maka harus menginformasikan terlebih dahulu kepada Anda selaku pemilik.

Tujuan perjanjian ini sangat sederhana, untuk memastikan tidak ada kecurangan dan hal tidak diinginkan lainnya. Pastikan teknisi siap bertanggung jawab apabila ditemukan ada part yang hilang atau tidak sesuai dengan aslinya.

2. Transparansi Biaya Service

Biaya service laptop umumnya hanya bisa diketahui secara pasti setelah unit dicek. Informasi biaya yang biasanya tercantum di dalam web biasanya masih berupa estimasi, sehingga Anda perlu menghubungi admin lalu menjadwalkan waktu yang tepat untuk datang ke tempatnya langsung.

Jika kerusakan sudah diketahui maka perkiraan biaya menjadi lebih akurat. Pastikan untuk memilih teknisi service dengan transparansi biaya, maksudnya mereka menjelaskan secara lengkap berapa biaya perbaikan serta membuatkan rinciannya jika memang diperlukan. Ini sangat penting untuk menghindari kesalahpahaman.

3. Teknisi dengan Legalitas Lebih Baik

Legalitas bukanlah formalitas, jika Anda ingin benar-benar aman saat melakukan proses service laptop maka utamakanlah jasa service dengan perizinan resmi.

Umumnya berbentuk badan usaha baik itu PT maupun CV, ini membuktikan bahwa tempat service tersebut kredibel dan mempunyai komitmen baik untuk memberikan pelayanan kepada customernya. Keluhan customer juga umumnya lebih cepat diatasi, mereka peduli dengan kredibilitas jangka panjang.

4. Biaya Service Masuk Akal

Untuk Anda yang sering mencari tempat service laptop murah, sebaiknya perhatikan hal ini. Karena tidak semua yang murah itu berkualitas, pastikan rentang harganya masih dalam angka yang wajar.

Anda juga bisa mencari informasi harga service laptop yang ada di internet sebagai referensi. Misalnya untuk rata-rata biaya service keyboard itu 200- 300 ribuan, keyboard umum bukan tipe backlight.

Ada yang menawarkan service dengan biaya 100 ribuan? Sebaiknya hati-hati. Karena sparepart keyboard-nya saja bisa lebih mahal dari itu. Jadi tetap utamakan teknisi dengan biaya service masuk akal.

5. Memberikan Garansi Service

Garansi service juga tidak kalah penting, Anda pastinya tidak ingin unit baru di service seminggu sudah rusak lagi. Garansi service yang bagus minimal 1-3 bulan, waspada dengan service garansi 7 hari personal karena waktunya terlalu singkat. Dikhawatirkan nanti kalau rusak di hari ke 8, apa yang akan Anda lakukan?

Hal semacam inilah yang masih sering dilupakan ketika mencari toko service laptop terdekat. Padahal dampaknya berpengaruh juga terhadap pengeluaran dan juga kenyamanan Anda selaku pengguna.

Tips Sebelum Membawa Laptop ke Tukang Service

Ragu dicurangi oleh teknisi saat melakukan service laptop? Silahkan ikuti tips berikut supaya lebih aman.

  1. Minta bantuan teman yang paham soal laptop, supaya ikut bantu cek spesifikasi laptop terutama RAM, HDD, dan SSD. Komponen ini sering menjadi korban kecurangan teknisi, pastikan kapasitasnya sesuai antara sebelum service dan sesudah di service

  2. Jika laptop masih bisa dinyalakan, maka cek spesifikasinya dengan menekan windows + R ketik “dxdiag” untuk menampilkan spek laptop. Silahkan foto tampilan dxdiag untuk memastikan tidak ada perubahan yang tidak diinginkan kecuali bagian yang di service memang komponen HDD, SSD, atau RAM.

toko service laptop terdekat jakarta

  1. Sangat disarankan untuk memindahkan data-data pribadi jika kondisi laptop masih bisa menyala. Copy data tersebut di HDD eksternal atau flashdisk untuk mengamankannya

Itu dia tips memilih toko service laptop terdekat dan sedikit tambahan mengenai persiapan sebelum laptop di bawa ke teknisi. Semoga bisa bermanfaat, apabila Anda berlokasi di Jakarta atau Jogja maka bisa datang langsung ke Pemmztechie, salah satu teknisi servis laptop terbaik dan terpercaya.

Kami sudah berpengalaman selama lebih dari 10 tahun di bidang yang sama, telah memperbaiki 1000+ unit laptop berbagai kerusakan. Untuk info lebih lanjut, silahkan hubungi admin.