Halo sahabat techie,

Keyboard Ghosting adalah suatu masalah pada keyboard dimana keyboard anda tidak bisa menekan leboh dari satu tombol dalam satu waktu. Tombol yang anda tekan tidak akan ter input ke dalam komputer, dan fenomena ini di sebut ghost.

Keyboard Ghosting disebabkan oleh berbagai hal. Contohnya, hardware yang kita punyai tidak bisa membaca 3 tombol atau lebih yang ditekan, software pada komputer tidak bisa menangani lebih dari satu tombol ditekan pada waktu yang sama, atau adanya protocol antara hardware dan software yang membatas tombol yang di tekan. Selain itu terdapat penyebab lain yang membuat keyboard ghosting. Pemmztechie akan membagikan apa saja yang menyebabkan terjadinya keyboard ghosting :

1.Menekan satu tombol

Saat keyboard menekan suatu tombol, keyboard akan mencari setiap kolom dan baris kabel pada keyboard. Keyboard akan mengembalikan output dari baris dan kolom kabel pada keyboard, serta memberi input ke komputer dari tombol tersebut.

2.Menekan Dua Tombol (Kolom dan Baris yang Berbeda)

Apabila menekan dua tombol maka keyboard akan mencari sumber dengan mengecek kolom dan baris kabel pada keyboard satu persatu. Pada kasus ini tombol yang di tekan terdapat pada kolom dan baris yang berbeda.

3.Menekan Tiga Tombol (Satu Baris atau kolom)

Masalah yang terjadi saat ada 3 tombol yang ditekan pada waktu yang sama adalah salah satu tombol bisa mengalami ghosting , dan membuat tombol tersebut mejadi tidak terdeteksi. Ini terjadi karena kedua kolom atau baris kabel pada tombol tersebut telah dideteksi sebagai tombol lain.

Jika kamu memiliki masalah pada  laptop/pc yuk langsung ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).