Halo sahabat techie,

Apakah laptop Sobat pernah mengalami blank screen? Tahukah kalian blank screen dapat disebabkan oleh beberpa hal? Artikel kali ini akan membagikan apa saja penyebab blank screen pada komputer. Yuk simak apa saja penyebabnya :

1. Proses update atau instalasi Windows yang tidak sempurna

Hal ini disebabkan karena pada saat menginstall Windows 10 mungkin terjadi masalah seperti baterai yang tiba-tiba drop atau mati lampu sehingga Windows yang diinstall jadi cacat.

2. Virus

Komputer yang terserang virus juga bisa menyebabkan layar desktop menjadi blank hitam. Virus bisa membuat penggunanya tidak bisa masuk ke desktop pada saat komputer dihidupkan.

3. Windows tidak original (bajakan)

Windows yang tidak original biasanya diaktivasi dengan menggunakan patch / activator / crack untuk bypass aktivasi atau memalsukan key Windows yang asli.  Pengguna Windows bajakan juga fspst mengalami background desktop yang menjadi hitam dan tidak bisa diganti, serta beberapa fitur yang tidak bisa digunakan.

4. Startup yang rusak

Startup yang rusak pada Windows 10 bisa menyebabkan kita tidak bisa masuk ke desktop saat menghidupkan komputer. Proses loading akan berhenti pada saat logo muncul dan hanya berputar-putar di sana tanpa selesai. Startup yang rusak juga dapat menyebabkan laptop menjadi blank screen.

5. Masalah pada power supply

Power supply yang rusak bisa menyebabkan blank screen hingga laptop tidak dapat menyala sama sekali.

6. Driver korup

Driver yang tidak terinstall dengan sempurna atau rusak karena virus bisa menyebabkan black screen.

7. Masalah kartu grafis

Saat kartu grafis tidak bisa berfungsi dengan normal maka tampilan pada monitor juga akan bermasalah, serperti warna yang menjadi kacau, gambar buram, gelap, atau bahkan blank hitam sama sekali.

8. Overheat

Overheat adalah keadaan dimana suhu komputer menjadi sangat panas, melebihi suhu maksimal yang bisa ditahan oleh komponen-komponen yang ada di dalam komputer. Overheat dapat menyebabkan Windows menjadi blank.

9. Aplikasi terakhir yang diinstall

Aplikasi yang terakhir diinstall dapat menyebabkan terjadinya blank screen.

10. Display tidak terdeteksi

Layar blank di Windows 10 juga bisa terjadi karena koneksi ke display terputus. Biasanya sering terjadi setelah menggunakan proyektor atau monitor tambahan, terutama saat kita menggunakan mode Second screen only.

Jika kamu memiliki masalah pada  laptop/pc yuk langsung ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).