Setelah kemarin membahas mengenai penyebab terjadinya blank screen pada layar laptop maupun monitor, sekarang artikel kali ini akan membahas mengenai bagaimana cara mengatasi blank screen pada komputer maupun laptop. Yuk simak cara-caranya :

1. Copot semua device yang tidak diperlukan

Coba kalian copot dulu semua device tambahan yang masih terhubung ke PC seperti kamera, printer, bluetooth, dan perangkat lain yang menggunakan port USB lalu restart komputer.

2. Jalankan Windows Explorer secara manual

Caranya :

Hidupkan komputer seperti biasa, tunggu hingga proses loading selesai dan masuk ke tampilan blank, tekan tombol CTRL+ALT+Delete lalu pilih Task Manager.

Masuk ke tab Processes, di sana akan terlihat lis proses yang sedang berjalan. Temukan proses bernama Windows Explorer, kalau ada maka klik kanan lalu pilih Restart.

Kalau Windows Explorer tidak ditemukan maka kita perlu menjalankannya secara manual.

Caranya, pada Task Manager klik File > Run new task.

Lalu ketik explorer.exe kemudian klik OK.

Jika berhasil maka Windows Explorer akan jalan dan tampilan desktop pun muncul lagi seperti sedia kala.

Selanjutnya kita perlu membuat agar Windows Explorer ini jalan secara otomatis pada saat startup, karena kalau tidak maka cukup repot juga kalau harus menjalankan secara manual setiap kali komputer restart.

Caranya buka Command Prompt dengan akses administrator, lalu copy-paste kode di bawah ini satu per satu. *Setiap selesai copas satu baris kode tekan enter dulu baru copas kode selanjutnya.

reg add “HKLM\Software\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon” /v “Shell” /t REG_SZ /d “explorer.exe” /f

reg add “HKLM\Software\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon” /v “Userinit” /t REG_SZ /d “C:\Windows\System32\userinit.exe,” /f

reg add “HKLM\Software\Wow6432Node\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon” /v “Shell” /t REG_SZ /d “explorer.exe” /f

reg add “HKLM\System\CurrentControlSet\Control\Session Manager” /v “BootExecute” /t REG_MULTI_SZ /d “autocheck autochk *” /f

reg add “HKLM\System\CurrentControlSet\Control\Session Manager” /v “SETUPEXECUTE” /t REG_MULTI_SZ /d “” /f

Setelah selesai, restart komputer, seharusnya masalah black screen sudah hilang karena Windows Explorer akan otomatis jalan pada proses startup.

3. Restart graphic driver

Caranya tekan tombol Windows key + Ctrl + Shift + B.

4. Ganti display projection

Caranya :

  • Tekan tombol Windows+P untuk memunculkan pilihan Projection.
  •  tekan tombol P hingga sampai ke pilihan PC screen only dan tampilan Windows muncul kembali.

5. Masuk ke Safe Mode

Caranya :

  •  Uninstall program terakhir yang diinstall
  • Gunakan System Restore Point
  • Update Windows 10
  • Uninstall update

6. Coba pakai monitor lain

Bagi pengguna PC yang mengalami hal ini perlu juga mencoba untuk menggunakan monitor yang lain, terutama jika pada saat dihidupkan menu bios tidak muncul sama sekali.

7. Perbaiki backlight yang mati

Sobat bisa membawa laptop ke tempat service terdekat, seperti PemmzTechie untuk memperbaiki permasalahan ini.

8. Reset PC

Caranya:

  • Hidupkan komputer hingga menyala sempurna, lalu tekan tombol power dan tahan selama 10 detik untuk mematikan komputer.
  • Tekan tombol power lagi untuk menghidupkan komputer.
  • Setelah logo Windows muncul atau setelah melewati halaman bios tekan lagi tombol power dan tahan selama 10 detik untuk mematikan komputer.
  • Tekan tombol power lagi untuk menghidupkan komputer.
  • Setelah logo Windows muncul atau setelah melewati halaman bios tekan lagi tombol power dan tahan selama 10 detik untuk mematikan komputer.
  • Tekan tombol power lagi untuk menghidupkan komputer.
  • Tunggu hingga Windows masuk ke halaman WinRE

Setelah masuk ke halaman WinRE akan muncul tampilan seperti gambar di bawah, lalu pilih opsi See advanced repair options.

Lalu pilih opsi Troubleshoot.

Selanjutnya pilih opsi Reset this PC.

Pilih Keep my files untuk mereset Windows 10 namun tidak menghilangkan data-data pengguna. Langkah ini sangat penting, jadi jangan sampai salah.

Terakhir tekan tombol Reset. Lalu tunggu hingga proses selesai.

Jika kamu memiliki masalah pada  laptop/pc yuk langsung ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).