Halo sahabat techie,

Kalian sendiri pernah mengalami kerusakan pada laptop nggak sih? Kerusakan apa sih yang sering kalian alami? Apakah kalian mengetahui penyebab dan solusi dari kerusakan tersebut? Jika kalian belum mengetahui nya, yuk simak artikel ini karena kita akan membahas mengenai beberapa kerusakan umum pada laptop nih!

1. Adaptor Power

Biasanya kerusakan ini ditandai dengan lampu power berkedip tak menentu dan lampu baterai charge berkedip lalu mati ketika jack adaptor dicolokan pada laptop. Solusi perbaikannya adalah dengan memeriksa stop kontak kemungkinan terlalu renggang sehingga steker adaptor tidak terjepit atau kemungkinan stop kontak mengalami kerusakan dan juga memeriksa output arus pada jack adaptor dengan multimeter pada posisi skala dc volt.

  1. Backlight Lamp

Lampu latar atau backlight laptop berhenti bekerja tanpa alasan apapun. Biasanya ditandai dengan gambar yang masih terlihat di layar tapi nyaris tak terlihat. Terdapat beberapa kemungkinan penyebab, diantaranya:
1. Backlight inverter rusak
2. Backlight lampu rusak.

Untuk solusinya, kamu bisa melakukan:
  1. Kemungkinan besar hal ini berkaitan dengan kerusakan backlight inverter. Papan inverter dipasang di dalam panel tampilan laptop dan dalam kebanyakan model dipasang di bawah layar LCD. Ketika papan inverter rusak, layar laptop tampilannya benar-benar gelap dan gambar pada layar menjadi nyaris tak terlihat. solusi yang baik untuk memperbaiki masalah backlight yaitu dengan mengganti papan inverter.
  2. Jika inverter baru tidak mengatasi masalah, tampaknya Anda memiliki lampu backlight yang salah di dalam layar LCD, solusinya adalah anda harus mengganti layar LCD.

  3. Fan Exhaust Cooling System

Sahabat techie, jika laptop kalian mati ketika bermain games, kemungkinan terdapat kerusakan karena pendinginan pada processor tidak sempurna. Jika pendingin laptop ( kipas dan heat sink ) tersumbat dengan debu, laptop akan panas dan kemudian bisa menyebabkan shutdown loh. Sehingga pastikan modul pendinginan atau heatsink bersih dari debu dan kotoran.

Jika kamu memiliki masalah pada laptop, yuk langsung konsultasikan ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).