Halo sahabat techie,

Kalian sendiri pernah mengalami kerusakan pada laptop nggak sih? Kerusakan apa sih yang sering kalian alami? Apakah kalian mengetahui penyebab dan solusi dari kerusakan tersebut? Jika kalian belum mengetahui nya, yuk simak artikel ini karena kita akan membahas mengenai beberapa kerusakan umum pada laptop nih!

1. Engsel Layar (Display Hinges)

Masalah ini disebabkan monitor laptop yang sangat longgar dan bergoyang-goyang, yang biasanya disebabkan:
1. salah satu sekrup engsel ada yang longgar.
2. salah satu engsel layar rusak.
Untuk solusi nya kamu bisa melakukan:
1. Penahan sekrup engsel monitor bisa saja longgar.
kencangkan sekrup pada engsel dapat membantu untuk membuat layar monitor menjadi tidak goyang. Biasanya hanya ada satu sekrup disetiap engsel di bagian bawah.

2. Harddisk Error

Error ini disebabkan setelah mengupgrade harddisk, dan harddsik menjadi tidak terdeteksi oleh BIOS laptop. Penyebabnya dikarenakan:
1. Harddisk tidak terhubung dengan benar.
2. Harddisk tidak sinkron dengan laptop
3. Harddisk terdapat bad sector.

Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan:
1. Pastikan harddisk terhubung dengan benar ke motherboard. Coba hubungkan kembali harddisk dan cari tahu apakah harddisk muncul di BIOS setelah menghubungkan kembali.
2. Masukkan menu BIOS setup pengaturan beban default. lakukan safe mode dan restart laptop, ada kemungkinan harddisk baru anda akan terdeteksi setelah itu.
3. Jika Anda memasang harddisk yang berukuran lebih besar, pastikan itu didukung atau sinkon dengan laptop. Beberapa laptop tua tidak akan mendukung harddisk berukuran besar. Dalam beberapa kasus, harddisk yang lebih besar akan didukung setelah anda meng-upgrade laptop BIOS ke versi terbaru. Upgrade BIOS jika diperlukan.
4. Cobalah pasang kembali harddisk lama anda, jika harddisk lama terdeteksi tapi yang baru tidak, ada kemungkinan bahwa harddisk baru anda rusak.

Jika kamu memiliki masalah pada laptop, yuk langsung konsultasikan ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).