Tahukah kamu sahabat, kalau laptop blue screen biasanya terjadi karena kesalahan program? Penyebab lainnya terjadi karena adanya memori yang penuh, kerusakan RAM atau adanya permasalahan boot.

Artikel kali ini akan menjelaskan cara mengatasi laptop blue screen nih, yuk disimak:

  1. Ikuti petunjuk stop code

Pada Windows 10 & 11, BSOD terlihat dengan kode permasalahan, pada bagian bawahnya akan terdapat tautan ke halaman pemecahan masalah nih sahabat. 

Nah halaman tersebut berada di sebelah kode barcode yang tertera, dan kamu bisa klik link tautan yang ditampilkan dan mengikuti arahan yang diberikan.

  1. Tinjau perubahan komputer

Blue screen sering terjadi karena adanya kesalahan pada perubahan sistem, kamu bisa mengidentifikasi untuk mencari solusinya.

Contohnya: ketika kamu baru saja melakukan pembaruan aplikasi, kamu bisa melihat apakah blue screen kerap muncul dibanding sebelum kamu melakukan pembaruan.

  1. Periksa Malware

Cara mengatasi laptop blue screen dengan memeriksa apakah ada malware atau tidak nih. Kamu harus menjalankan pemindaian infeksi supaya mengetahui apakah terdapat malware yang merusak file windows. 

  1. Akses startup lanjutan dari boot

Kamu bisa melanjutkan boot dalam mode aman. Lakukanlah dengan menyalakan komputer lalu setelah logo windows muncul, tekan dan tahan tombol daya untuk menghentikan urutan boot. Kamu bisa melakukan langkah tersebut hingga dua kali. Pada interupsi ketiga, windows 10 akan membuka menu Advanced startup dan lanjut akses Safe Mode.

  1. Periksa masalah perangkat keras

Perangkat keras yang rusak bisa menjadi penyebab blue screen. Solusinya kamu bisa menguji memori untuk kesalahan dan periksa suhunya untuk memastikan apakah overheat atau tidak.

Nah itu dia penjelasan cara mengatasi blue screen yang bisa kamu coba. Jika kamu memiliki permasalahan seperti blue screen, yuk langsung konsultasikan ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).