Halo sahabat techie,

Kesalahan atau terjadinya error adalah bagian dari sistem apapun dan dapat terjadi kapan saja serta dimana saja dengan alasan yang tidak pasti. Jenis error pun dapat bermacam-macam tergantung dari penyebab nya.

Seperti Blue Screen, yang biasa disebut “stop error”. Kesalahan ini dapat mengakibatkan sistem menjadi crash. Blue screen ini terjadi ketika Microsoft Windows mengalami kesalahan kritis yang tidak dapat dipulihkan.

Berikut artikel ini akan menjelaskan mengenai penyebab laptop blue screen tersebut dalam artikel ini.

Penyebab Blue Screen karena software:

  • Program/Driver Baru

Kamu bisa menghapus program atau driver yang baru saja diinstall yang mendahului blue screen jika secara langsung atau tidak langsung menyebabkan kode STOP. Jika kamu memperbarui driver, kamu memiliki opsi untuk mengembalikan driver ke versi sebelumnya

  • Program/Driver Lama

Bertentangan dengan saran sebelumnya, menginstal ulang driver atau file program baru dapat menghilangkan blue screen. Seringkali, file program atau driver perangkat lama yang sudah tidak kompatibel dapat menyebabkan STOP error yang terputus-putus.

  • File sistem yang rusak

Microsoft terkadang melakukan kesalahan dengan menginstall pembaruan secara tidak sengaja, sehingga menyebabkan sistem macet. Jika pembaruan yang memperbaiki blue screen tersedia, lanjutkan dan install, jika tidak kamu bisa menghapus pembaruan tersebut. 

  • Virus/Malware

Kamu bisa memindai sistem secara menyeluruh untuk menyingkirkan virus dan malware, karena bisa merusak file sistem atau driver sehingga bisa menyebabkan blue screen.

Jika kamu memiliki permasalahan seperti blue screen, yuk langsung konsultasikan ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).