Halo sahabat techie,

Kesalahan atau terjadinya error adalah bagian dari sistem apapun dan dapat terjadi kapan saja serta dimana saja dengan alasan yang tidak pasti. Jenis error pun dapat bermacam-macam tergantung dari penyebab nya.

Seperti Blue Screen, yang biasa disebut “stop error”. Kesalahan ini dapat mengakibatkan sistem menjadi crash. Blue screen ini terjadi ketika Microsoft Windows mengalami kesalahan kritis yang tidak dapat dipulihkan.

Berikut artikel ini akan menjelaskan mengenai penyebab laptop blue screen tersebut dalam artikel ini.

Penyebab Blue Screen karena Hardware:

  • Sirkulasi udara yang buruk

Kipas yang tidak berfungsi dengan baik dapat menghentikan pendinginan komputer sehingga dapat menyebabkan blue screen. Cobalah periksa suhu komputer dan dengarkan apakah kipas berfungsi dengan baik atau tidak.

  • Ruang penyimpanan kecil

Selama instalasi/upgrade ke sistem operasi baru, kurangnya ruang penyimpanan yang cukup juga dapat menyebabkan blue screen.

  • Periferal perangkat keras yang tidak perlu

Selain keyboard dan mouse, kamu perlu mencabut periferal lain seperti flash drive dan kartu SD dll. Karena aksesori tambahan dapat mengganggu penginstalan sistem operasi.

  • Kabel longgar

Kabel yang longgar dapat membuat kode STOP muncul, sehingga kamu harus memeriksanya dengan mencabut dan memasang nya kembali untuk memastikan komponen terpasang dengan benar.

Jika kamu memiliki permasalahan seperti blue screen, yuk langsung konsultasikan ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).