Halo sahabat techie,

Tahukah kamu apa sih itu Black Screen?

Black screen itu adalah kondisi laptop dengan tampilan layar yang hitam, hal tersebut merupakan salah satu masalah yang sering ditemukan pengguna laptop.

Terdapat beberapa faktor penyebab black screen, dimulai dari perawatan yang kurang dll. Artikel kali ini akan menjelaskan apa sih penyebab laptop black screen, sehingga kamu bisa menghindari nya ya!

  • Adanya Virus

Penyebab paling umum laptop black screen adalah karena adanya virus atau malware yang biasanya muncul ketika kamu sedang mengunduh file atau program melalui situs yang tidak terpercaya. 

  • Overheat

Penggunaan laptop yang terlalu lama membuat suhu laptop menjadi panas karena fan bekerja lebih keras. Ketika laptop overheat, hal tersebut dapat mengakibatkan black screen. 

  • Program Bermasalah

Kamu bisa mengecek apakah laptop black screen terjadi setelah kamu menginstall program atau aplikasi tertentu. Jika iya, kamu bisa mengecek apakah kompatibel atau tidak. Jika terjadi karena itu, kamu bisa uninstall program/aplikasi tersebut.

  • Gagal Install Windows

Masalah umum lainnya yang menjadi penyebab adalah karena instalasi yang gagal atau tertunda di laptop. Kegagalan yang dimaksud adalah seperti media yang rusak, masalah pada hard drive yang digunakan dan masalah pada proses penginstalan itu sendiri.

Nah itu dia sahabat penyebab laptop menjadi black screen. Jika kamu memiliki permasalahan black screen, yuk langsung konsultasikan ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).