Halo sahabat techie,

Sudahkah Kamu Mengganti Thermal Paste Laptopmu?

Banyak orang yang tidak menyadari pentingnya untuk mengganti pasta pada prosesor. Apakah kamu salah satunya? Jika kamu belum pernah mengganti pasta atau thermal paste pada laptop kesayanganmu, tidak heran jika laptop kamu menunjukkan tanda-tanda kerusakan seperti lemot, mati sendiri dan overheat. 

Thermal Paste merupakan zat berupa pasta yang dioleskan pada bagian atas prosesor yakni tepatnya diantara prosesor dan juga heatsink. Seperti namanya, thermal paste berfungsi untuk menyalurkan panas dari prosesor ke heatsink yang kemudian akan didinginkan oleh kipas prosesor sehingga prosesor laptopmu tidak overheat.

perlu kamu ketahui, pasta tersebut bisa mengering seiring penggunaan laptop. Dan jika pasta prosesor pada laptopmu kering, maka otomatis itu membuat penghantaran panas dari prosesor menuju heatsink tidak akan berjalan dengan baik. Akibat dari hal tersebut adalah panas akan menumpuk pada prosesor dan membuat laptopmu jadi kepanasan hingga overheat. 

Akibat suhu prosesor yang tinggi, maka kinerja kipas pada laptop akan berputar lebih kencang dan bahkan mengeluarkan suara putaran yang berisik. Hal ini justru dapat membahayakan komponen hardware laptop yang lain karena sering terpapar suhu yang terlalu tinggi. Karena bekerja terlalu keras, maka hal tersebut justru dapat membuat kipas pendingin laptopmu rusak dan tidak berputar sama sekali. Pada akhrinya mau tidak mau kamu harus membawa laptop ke tempat servis laptop terdekat.

Laptop yang sering overheat dapat menularkan panasnya ke komponen hardware lainnya dan itu bisa merusak jika terus-menerus terjadi. Maka dari itu, penting untuk kamu melakukan re-paste atau mengganti pasta pada prosesor laptopmu.

Kamu bisa segera menggantinya ketika merasa bahwa laptop kamu sudah sering kepanasan dan bahkan laptop kamu tiba-tiba bisa mendadak mati sendiri. Maka, kamu bisa langsung membawanya ke ahli pengganti thermal paste.

Jika kamu memiliki masalah pada  laptop/pc yuk langsung ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).