Halo sahabat techie,

Buat kamu para pengguna laptop berbasis Windows 10, yang mungkin pernah menghadapi masalah Error ketika menjalankan aplikasi pasti rasanya menjengkelkan ya Guys.. Apa sih yang salah, apakah dari aplikasinya atau laptopnya? Terkadang aplikasi tersebut tiba-tiba berhenti dan tertutup sendirinya. Nah, kemungkinan besarnya yakni aplikasi itu tidak mendukung OS Laptop kamu yang sudah Windows 10.

Kamu tidak perlu pusing, karena ada cara mudah untuk mengatasi masalah tersebut. Kamu bisa melakukan uninstall pada aplikasi tersebut. Selain itu, kamu dapat melakukan factory reset untuk mengembalikan laptop kamu seperti keadaan baru lagi. Factory reset juga sangat berguna jika kamu ingin menjual laptop kamu dan mungkin ingin mengganti baru.

Sebelumnya, yuk intip dulu cara melakukan Factory reset Windows 10 di perangkat laptop kesayangan kamu.

  • Pertama, kamu bisa menekan tombol Windows lalu pilih setting.
  • Kemudian, pilih bagian Update & Security dan akan muncul tampilan Windows Update, dan kamu lihat ke bagian kiri lalu pilih Recovery.
  • Setelah itu, klik box yang tertulis Get Started, di bawah bagian tulisan Reset this PC.
  • Kemudian jangan lupa pada box yang muncul kamu pilih Keep my Files atau Remove Everything, disesuaikan dengan kebutuhan kamu.
  • Just remove my files merupakan proses reset yang lebih cepat. Namun opsi ini kurang aman karena ada potensi bahwa file yang telah dihapus masih bisa dipulihkan.

Remove files and clean the drive akan memakan waktu lebih lama untuk menjalankannya yakni kurang lebih dalam hitungan jam. Hal ini dikarenakan membutuhkan proses pemeriksaan dan pembersihan file secara menyeluruh. Sehingga orang lain sulit untuk recovery file yang telah dihapus tersebut. Jika kamu berencana menjual laptop yang kamu ingin reset, maka opsi ini akan menjadi pilihan yang lebih aman.

Jika kamu memiliki lebih dari satu hard drive, maka akan muncul opsi Only the drive Windows 10 is installed atau All drives.

Selanjutnya Microsoft akan memberi tahu  bahwa factory reset ini menganjurkan kamu untuk menginstal ulang Windows 10. Setelahnya, Anda dan tidak bisa kembali ke versi lama. Kemudian silahkan pilih next dan klik Reset.

Berikutnya kamu tinggal menunggu proses Rest berjalan. BIasanya proses yang dijalankan memakan waktu kurang lebih 30 menit atau lebih tergantung berapa banyak file yang di-reset. 

Setelah proses factory reset selesai, berikutnya kamu harus menyelesaikan proses install ulang OS Windows 10. Sebelum install ulang, sebaiknya kamu backup semua file ke hard drive eksternal. Hal ini untuk berjaga-jaga jika ada file yang penting bisa kamu selamatkan karena setelah proses reset selesai, seluruh file dalam laptop kamu akan otomatis dihapus. Biasanya hal ini akan tergantung opsi yang kamu pilih.

Jika kamu memiliki masalah pada  laptop/pc yuk langsung ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).