Halo sahabat techie,

Kalian sering kesetrum saat menyenggol komputer? Bukan hanya kamu yang harus berhati-hati, ini tanda yang tidak baik buat keamanan komputer kamu. Adanya aliran listrik di casing komputer kamu bisa disebabkan berbagai hal. Artikel kali ini akan menjelaskan penyebabnya ke kalian :

1.Kebocoran pada Power Supply

Power supply berfungsi untuk memberikan sumber daya listrik dalam perangkat komputer tersebut. Dengan adanya power supply ini, maka arus listrik AC akan dirubah menjadi DC. Karena adanya motherboard yang langsung tersambung dengan power supply dengan daya yang sangat besar, maka hal tersebut bisa mengakibatkan adanya kebocoran dalam bagian casing CPU, sehingga hal ini membuat perangkat komputer menjadi nyetrum saat disentuh.

2.Adanya Sistem Grounding yang Buruk

Setiap alat elektronik yang dipasang pada bagian kabel memiliki sistem grounding tersendiri. Keberadaan sistem ini untuk mengalirkan arus listrik yang berlebihan supaya nantinya tidak menimbulkan efek buruk bagi penggunannya. Namun beberapa komputer di Indonesia sering menyepelekan hal ini.

Tips mengatasi Komputer yang kesetrum bisa menjadi aman buat kamu lho. Yuk disimak :

1. Menaruh Karpet di Ruangan Komputer

2. Menggunakan Alas Kaki Ketika Menyentuh CPU

3. Mengganti Power Supply

4. Menempelkan CPU ke Dinding

5. Mengalurkan Listrik ke Tembok

Jika kamu memiliki masalah pada  laptop/pc yuk langsung ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).