Halo sahabat techie,

Printer sudah menjadi elektronik penting untuk menunjang kehidupan sekarang ini karena fitur yang sudah multifungsi, bisa untuk scanner, fotocopy dll. 

Printer pasalnya sangat dibutuhkan sekali di dunia perkantoran, dan karena itu, maka alat ini sering digunakan tanpa henti. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap performa printer dan menyebabkan kerusakan pada printer.

Tapi tahukah kamu apa sih kerusakan yang paling sering muncul di printer?

  1. Mainboard

Mainboard adalah komponen inti dan induk dari sebuah printer, yang berfungsi untuk mengatur semua perintah kerja dan merupakan tempat dimana pergerakan mekanik serta olahan data, biasanya kerusakan printer pada mainboard terjadi karena:

  • Diode yang terdapat pada mainboard mengalami kerusakan dan menyebabkan sistem pada mainboard menjadi mati total.
  • Mainboard yang rusak juga tidak dapat mendeteksi tinta printer yang ditandai pada bagian fuse yang rusak.
  1. Head and Cartridge

Biasa disebut sebagai otak dari output printer. Perintah print text maupun gambar dicetak dalam bentuk hardfile disini. Permasalahan yang sering terjadi disini adalah hasil cetakan terdapat garis-garis dan tinta tidak keluar sama sekali.

  1. Encoder

Komponen ini sendiri biasanya tidak terdapat pada beberapa jenis printer. Biasanya kerusakan ini terjadi ditandai dengan:

  • Head atau cartridge bergerak ke kanan dan kekiri dengan sangat cepat
  • Hasil cetak berupa text atau gambar menyerong dan berbayang ke samping
  • Terjadi karena bagian yang kotor ataupun rusak
  1. Sensor Paper

Fungsi alat ini adalah sebagai detector atau pendeteksi bahwa ada atau tidak adanya kertas yang akan diprint. Kerusakan yang sering terjadi “paper jam” merupakan informasi yang muncul pada layar. Biasanya ini terjadi karena terdapat bekas kertas yang tersangkut di dalam printer.

Jika kamu memiliki masalah pada printer, yuk langsung ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).