Halo sahabat techie,

Laptop baru dibeli gak sampai setahun tapi sudah loyo? Performanya tiap hari terus menurun? Lagi kerja terus sering lemot dan layar tiba-tiba black out? Terus gimana ya caranya agar laptop kita bisa ngebut lagi kayak laptop baru?

Tenang aja, kali ini kita bakal bagiin tips supaya kamu bisa tingkatin performa laptop kamu yang sudah lelet.Yuk simak informasi berikut!

1. Menghapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan 

Pertama-tama, hal yang harus kamu lakukan agar laptop kamu tidak keberatan saat bekerja adalah melakukan uninstall program atau aplikasi yang kamu rasa tidak penting atau tidak diperlukan. Kenapa ini dilakukan?

Ketika laptop kamu dipenuhi oleh begitu banyak aplikasi yang mana tidak semua kamu gunakan itu akan menambah beban pada laptop kamu. Bila storage laptop kamu terlalu penuh, maka itulah yang bisa menjadi faktor mengapa performa laptop kamu jadi turun. Apalagi semakin banyak aplikasi yang ter-install di laptop kamu turut mengisi kapasitas di dalam RAM laptop kamu. Ketika RAM laptop kamu semakin penuh maka itu bisa membuat kinerja laptop jadi tidak optimal karena terlalu berat.

2. Melakukan Upgrade RAM dan Menggunakan SSD 

Buat kamu yang tidak ingin aplikasi-aplikasi berat dan selalu dibutuhkan untuk beraktivitas kerja ataupun mungkin karena hobi kamu adalah gaming, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Pertama, kamu bisa melakukan upgrade kapasitas RAM yang ada di laptop.

Misalnya dari bawaan laptop kamu hanya menyediakan RAM berkapasitas 4 GigaByte, kamu bisa menambah 4 GigaByte lagi untuk slot RAM yang masih kosong. Jadi totalnya, RAM kamu sebanyak 8 GigaByte. Atau buat kamu yang memiliki budget lebih, bisa menambah kapasitas RAM yang lebih besar supaya performa dan kinerja dari aktivtias di laptop kamu semakin optimal. Dan pastinya kamu tidak jadi harus menghapus aplikasi yang berat namun dibutuhkan.

Dan selanjutnya, cara yang bisa kamu lakukan adalah mengganti jenis media penyimpanan laptop yang awalnya HDD jadi SSD. Kamu akan merasakan perubahan yang cukup signifikan dari kinerja laptop. 

SSD ini mampu membuat laptop bekerja lebih cepat seperti pada saat booting, shutting down, dan membuka aplikasi. Dibandingkan dengan HDD yang memiliki kinerjayang lebih lama. Selain itu, SSD juga lebih awet dan tahan guncangan loh Guys saat laptop kita di bawa bepergian atau dalam perjalanan.

3. Membersihkan Laptop 

Nah, tidak dipungkiri bahwa kinerja dan performa laptop kamu yang terus menurun dan malah membangkitkan emosi kamu terjadi karena faktor laptop kamu yang tidak pernah dibersihkan.

Apa sih emang pengaruhnya? Penting untuk diketahui bahwa jika laptop kamu tidak pernah dibersihkan bahkan sejak dibeli pertama kali, itu akan membuat debu dan kotoran yang masuk melalui ventilasi di bawah menumpuk di dalam. Debu dan kotoran yang menumpuk akan membuat performa dari fan tidak berjalan dengan baik. Otomatis laptop kamu akan menjadi panas atau overheat. 

Hal ini terjadi karena fan tidak dapat bekerja dengan baik untuk menyalurkan panas dari prosesor ke luar karena tumpukan debu dan kotoran yang menghambatnya. Otomatis panas yang diakibatkan oleh debu dan kotoran tersebut dapat beresiko merusak komponen hardware lain yang berada di dalam serta membuat performa laptopmu menurun secara perlahan-lahan.

Jika kamu memiliki masalah pada  laptop/pc yuk langsung ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).