Halo sahabat techie,

Printer sudah menjadi elektronik penting untuk menunjang kehidupan sekarang ini karena fitur yang sudah multifungsi, bisa untuk scanner, fotocopy dll. 

Printer pasalnya sangat dibutuhkan sekali di dunia perkantoran, dan karena itu, maka alat ini sering digunakan tanpa henti. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap performa printer dan menyebabkan kerusakan pada printer.

Tapi tahukah kamu apa sih kerusakan yang paling sering muncul di printer?

  1. Rol penarik kertas

Tentunya alat ini berfungsi untuk menarik kertas pada printer. Permasalahan yang biasa terjadi adalah karena karet pada roll sudah menipis dan akibatnya printer akan menarik kertas lebih dari satu lembar bahkan tidak bisa menarik kertas.

  1. Power Supply

Power supply berperan penting dalam pengoperasian printer, komponen ini bertugas untuk memberikan tenaga untuk menghidupkan printer selain itu komponen printer juga di supply tegangannya dari bagian ini, biasanya kerusakan ini terjadi karena tidak berfungsi nya power supply karena printer yang juga tidak berfungsi.

  1.  Kabel Flexible

Kerusakan yang terjadi pada bagian ini disebabkan karena:

  • Tidak bisa mendeteksi cartridge meski sudah diganti yang lain
  • Apabila sensor encoder belum dipastikan kelayakannya. Hal ini akan berpengaruh pada head cartridge yang akan bergeser ke kanan dan kiri secara cepat!
  1. Timing Disk

Komponen ini bertugas sebagai pengatur jeda waktu saat printer mulai menarik kertas, biasanya kerusakan ini terjadi karena:

  • Gambar atau teks hasil cetakan berbayang-bayang kearah bawah
  • Pengaturan waktu rol menjadi sangat cepat, yang ditandai dengan lampu indikator menyala selama kira-kira 3 detik.

Jika kamu memiliki masalah pada printer, yuk langsung ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).