Halo sahabat techie,

Perawatan kepada laptop tentunya penting loh, tujuannya agar komponen maupun bagian pada laptop tetap awet dan bisa digunakan dalam waktu yang lama. 

Apakah sahabat techie merupakan salah satu dari orang-orang yang belum mengerti mengenai perawatan pada laptop? Simak cara-cara di bawah ini untuk kamu praktekan agar laptop kamu dapat bertahan lama.

  • Rutin Membersihkan Laptop

Hal pertama yang bisa sahabat lakukan untuk membuat laptop dapat dipakai dalam jangkai waktu yang panjang adalah dengan rajin membersihkannya, meskipun hal ini dianggap sepele namun dengan debu yang ada pada laptop akan mencegah resiko penyumbatan kipas pembuangan laptop dikarenakan debu.

  • Kurangi Penggunaan Sleep Mode

Saat sedang beristirahat dari tugas atau pekerjaan pada laptop, beberapa orang memilih untuk mengaktifkan sleep mode pada laptop mereka, ternyata kebiasaan ini justru membuat laptop menjadi cepat rusak khususnya pada bagian baterai laptop sahabat.

Walaupun lebih cepat mengaktifkan kembali windows melalui sleep mode namun penggunaan shutdown lebih dianjurkan agar baterai paada laptop lebih awet.

  • Gunakan Antivirus

Dengan aktif berselancar di dunia maya, puluhan website bisa kita buka setiap harinya, tanpa adanya antivirus yang baik menjadi celah bagi virus-virus yang terdapat pada website yang sahabat buka untuk masuk dan merusak software bahkan berdampak pula pada hardware karena kinerja laptop makin melambat, dengan adanya antivirus yang baik akan melindungi laptop sahabat dari error yang disebabkan oleh virus.

  • Gunakan Laptop Sesuai dengan Kemampuannya

Laptop diciptakan dengan spesifikasi yang berbeda, tidak semua laptop mampu menjalankan program yang sama, seperti untuk beberapa game memerlukan spesifikasi yang tinggi, sehingga jika digunakan pada laptop yang tidak sesuai justru akan membuat laptop bekerja lebih lambat atau yang paling parah laptop sahabat tidak bisa dijalankan lagi.

Nah jadi pastikan sahabat untuk melakukan empat hal di atas agar laptop yang digunakan sekarang dapat bertahan lama walaupun digunakan setiap hari.

Jika kamu memiliki masalah pada laptop, yuk langsung konsultasikan ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).