Halo sahabat techie,

Pernahkah kamu mengalami laptop yang terkena air hujan ataupun terkena tumpahan air?

Jika laptop terkena air, dampak nya bisa fatal loh sobat, karena bisa menyebabkan korsleting listrik yang berdampak pada motherboard hingga membuat laptop menjadi mati total loh!

Oleh karena itu kamu harus segera memperhatikan hal-hal di bawah ini saat laptop tidak sengaja terkena air

  1. Jika laptop terkena air dalam keadaan menyala menyala, laptop bisa langsung dimatikan hal ini disebabkan laptop yang dibiarkan hidup dapat menyebabkan korsleting, meninggalkan kerusakan permanen pada komponennya.
  2. Cabut semua drive USB atau dongle yang terhubung ke laptop.
  3. Ambil kain kering dan bersihkan cairan berlebih dari permukaan laptop, terutama di dekat keyboard dan port USB.
  4. Lepaskan baterai dari laptop, untuk beberapa laptop yang masih menggunakan baterai yang dapat dilepas, hal ini bisa kmau lakukan untuk mencegah konsleting dan mempercepat proses pengeringan.
  5. Terakhir biarkan laptop mengering selama lebih dari 24 jam di udara terbuka. 

Setelah benar-benar kering, sahabat bisa hidupkan kembali. Kemudian, colok dengan adapter charger untuk pengisian, itu cara yang bisa kamu lakukan ketika laptop tidak sengaja terkena air, jadi sekarang sahabat gak perlu panik! Jika kamu memiliki masalah pada laptop, yuk langsung konsultasikan ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).