Halo sahabat techie,

Pernahkah kamu mengalami layar lcd yang tiba-tiba muncul bayang-bayang garis horizontal atau vertikal?

Hal tersebut biasanya disebut dengan screen bleeding, yaitu masalah yang sering dialami oleh pengguna laptop. Biasanya disebabkan oleh adanya kebocoran pada layar laptop, yang menyebabkan warna-warna yang berbeda mewarnai layar laptop. Hal ini dapat menjadi sangat mengganggu, terutama jika Kamu ingin menonton film, menjalankan game, atau melakukan tugas lainnya.

Namun, Kamu tidak perlu khawatir karena masalah ini dapat diatasi dengan cara-cara yang cukup mudah. Berikut adalah cara yang dapat Kamu lakukan untuk mengatasi masalah screen bleeding pada laptop Kamu.

  • Bersihkan Area Bleeding

Kamu dapat menggunakan kain microfiber, lalu gosokan dengan tangan lembut area yang mengalami screen bleeding dengan pola melingkar. Dalam melakukan hal ini, kamu harus berhati-hati agar tidak merusak layar dengan menerapkan kekuatan yang berlebihan.

  • Periksa Firmware Laptop

Firmware laptop merupakan sebuah perangkat lunak yang mengatur berbagai macam fitur yang terdapat pada laptop, selain itu firmware pada laptop memiliki berguna untuk memastikan bahwa layar laptop berfungsi dengan baik. Jika Kamu menemukan bahwa ada masalah dengan firmware, sahabat bisa mencoba untuk memperbarui firmware laptop dengan versi terbaru.

  • Periksa Panel LCD

Panel LCD adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk menampilkan informasi di layar laptop. Dalam beberapa kasus, masalah screen bleeding pada laptop disebabkan oleh panel LCD yang rusak, oleh karena itu sahabat techie bisa memeriksa panel LCD untuk memastikan bahwa tidak ada masalah dengan panel tersebut, jika bermasalah berarti Panel LCD harus diganti, kamu bisa langsung datang ke Pemmztechie aja sahabat.

Jika kamu memiliki masalah pada laptop, yuk langsung konsultasikan ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).