Halo sahabat techie,

Drive C yang penuh pastinya berpengaruh juga pada kinerja laptop kamu yang bisa jadi lebih lambat, namun sahabat techie gak perlu khawatir, nih mimin kasih cara yang bisa kamu lakukan saat Drive C kamu penuh.

Berkaitan dengan penggunaan laptop atau PC dalam jangka waktu yang panjang dan dalam frekuensi yang sering, maka cache di perangkat tersebut tentunya akan semakin bertambah, salah satunya terdapat temporary file yang merupakan folder khusus dan bersifat sementara yang dipakai untuk menyimpan file-file atau data tertentu, dengan membersihkan file temporary tentunya bisa kembali membuat Drive C kamu lega, caranya adalah

  1. Pertama klik Windows + R, 

  2. Ketik  “Temp” dan Enter. 

  3. Selanjutnya pada bagian ini kamu akan melihat banyak sekali file dan folder, kamu bisa menghapus semuanya dengan ctrl a, lalu delete.

  4. Langkah selanjutnya, ulangi buka windows + R dan ketikkan “%temp%” kemudian klik OK. 

  5. Setelah itu file temporary yang lainnya akan muncul pada halaman yang terbuka dan kamu bisa menghapus semuanya.

  • Disk CleanUp File

Disk Cleanup merupakan sebuah fitur Windows yang memiliki fungsi membersihkan file-file yang tidak berguna pada drive C atau drive lainnya. Cara ini juga sangat efektif untuk mengatasi drive C penuh agar bisa kembali normal dan tentunya kamu akan mendapatkan kembali mengosongkan kapasitas drive C. Untuk melakukannya, sahabat techie bisa melakukan hal-hal di bawah ini:

  1. Pada menu windows, sahabat techie bisa ketikan Disk CleanUp.

  2. Setelah hasilnya muncul, silahkan buka dengan memilih opsi Open di bawah hasil pencarian.

  3. Selanjutnya, akan terlihat jendela baru yang muncul. Pada bagian ini silahkan kamu pilih drive (C:).

  4. Setelah itu kamu bisa memilih Cleanup file system kemudian pilih drive C dan tunggulah prosesnya sampai selesai.

  5. Pada tab berikutnya yang muncul, sahabat bisa  centang semua pilihan kemudian klik OK.

  6. Sesudah itu, maka akan muncul pop up peringatan. Nah, pada bagian ini silakan langsung kamu klik Delete files lalu tunggu semua file cache dibersihkan.

  7. Terakhir kamu bisa restart ulang laptop setelah proses pembersihan selesai.

Nah! Itu dia cara yang bisa kamu coba ketika Drive C kamu sedang penuh, Jika kamu memiliki masalah pada laptop, yuk langsung konsultasikan ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).