Halo sahabat techie,

Kerusakan pada motherboard biasanya sulit untuk didiagnosa karena seringkali menimbulkan berbagi gejala yang mirip dengan kegagalan pada komponen lainnya.

Ketika motherboard mati, maka semua komponen ikut mati dan Anda tidak akan bisa menyalakan laptop kembali Motherboard pada dasarnya adalah tempat berbagai komponen penting komputer ditempatkan. Oleh sebab itu, motherboard adalah dasar dari seluruh komputr.

  • Stuck pada Boot Screen Saat Membuka Layar

Pasti menyebalkan sekali ketika menghidupkan layar namun ternyata stuck di boot screen. Pekerjaan yang tadinya ingin segera diselesaikan malah membuat tambah jengkel karena terkendala stuck ini.

Layar komputer berwarna hitam dan blank kemudian kursor berkedip kedip di pojok kiri dibagian atas layar komputer.

  • Komputer Sering Tiba-tiba Mati

Pada motherboard, terdapat cooling pad yang bentuknya mirip sekali dengan kipas angin mini. Sesuai dengan namanya, cooling pad merupakan pendingin motherboard agar motherboard tidak terlalu panas ketika sedang bekerja.

Apa hubungannya keberadaan cooling pad dan komputer yang tiba-tiba mati? Selain cooling pad, motherboard juga memiliki sistem deteksi suhu yang menyesuaikan kerja cooling pad.

Jika sistem deteksi suhu tersebut rusak, maka cooling pad akan bekerja secara sembarangan dan motherboard lebih mudah kepanasan. Kerusakan sistem pendeteksi suhu ini selain merusak motherboard, juga bisa merusak komponen lain yang ada di sekitar motherboard akibat dari overheat. Perlu dicek kembali apakah komputer yang sering tiba-tiba mati ini akibat dari overheat, kerusakan cooling pad, ataukah komponen motherboard lainnya.

  • Bau sesuatu yang terbakar

Jika kamu mencium bau terbakar yang keluar dari PC, maka kamu harus segera mematikan perangkat. Bau terbakar bisa menjadi tanda bahwa motherboard mengalami overheat secara maksimal dan tidak boleh digunakan lagi.

Jika kamu terus memaksa menggunakan motherboard, itu dapat memengaruhi komponen lain. Biasanya, hal ini disebabkan karena komponen yang tidak kompatibel terhubung ke motherboard yang mengakibatkan korsleting.

Jika kamu memiliki masalah pada laptop, yuk langsung konsultasikan ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).