Halo sahabat techie,

Pernah nggak sih lagi aktivitas diluar terus tiba-tiba hujan? Kalau kaya gitu pasti bingung banget kan apalagi pas bawa laptop, jadi nya basah juga deh!

Laptop yang terkena air hujan bisa menyebabkan beberapa kerusakan loh sahabat, yang paling fatal bisa sampai mati total! Supaya kamu nggak takut lagi, kamu bisa mengikuti beberapa cara dibawah ini, untuk menangani laptop kamu yang terkena air hujan:

  • Jangan Menyalakan Laptop

Jangan menyalakan laptop ketika terkena air hujan ya sahabat, kenapasih?

Ternyata setelah laptop terkena air kamu dilarang keras untuk langsung menyalakannya. Hal ini dikarenakan kondisi laptop yang basah dapat memicu konsleting arus listrik di bagian dalam laptop.

  • Melepas baterai dari laptop

Saat mengetahui laptop kamu kehujanan dan dalam kondisi basah yang harus kamu lakukan pertama kali adalah mengecek kondisi baterai laptop.

Hal ini berlaku bagi laptop yang memiliki baterai yang bersifat removable. Kamu dapat melepas baterai dari laptop, namun jika tidak bisa karena baterai yang tanam, kamu bisa lanjut ke step selanjutnya.

  • Membalik Laptop

Jika laptop kamu tidak bisa melepas baterai karena memiliki baterai tanam maka kamu bisa melakukan hal ini. Karena kehujanan,otomatis ada air yang masuk ke dalam perangkat laptop.

Maka dari itu, kamu bisa membalikkan laptop agar air tidak semakin menyerap ke dalam laptop. Kamu dapat mengambil posisi miring ke samping supaya air mengalir melalui celah yang ada.

  • Mengeringkannya dengan Vacuum Cleaner atau Hair Dryer

Pertolongan selanjutnya yang bisa lakukan yakni adalah mengeringkan laptop yang kehujanan. Agar komponen di dalam perangkat cepat mengering dan tidak menyerap air kamu bisa mengeringkannya menggunakan vacuum cleaner atau hair dryer.  Upayakan saat mengeringkannya jarak terhadap laptopnya jangan terlalu dekat ya Guys, beri jarak kira-kira 15-20 cm ya!

Jika kamu memiliki masalah pada  laptop/pc yuk langsung ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).