Halo sahabat techie,

Pernahkan kamu menemukan sarang debu di dalam sela keyboard laptop? Atau mungkin debu yang menumpuk di layar dan bahkan di dalam komponen laptop?

Setiap hari kamu terus menggunakan laptop tanpa memperhatikan kebersihan laptop. Padahal, nyatanya sarang debu yang menumpuk itu dapat menyebabkan kerusakan pada laptop loh.

Berikut alat apa saja yang wajib dimiliki untuk membersihkan laptop secara mandiri. Yuk simak informasi berikut ini!

  • Blower Karet

Alat blower karet ini wajib kamu miliki untuk membersihkan debu pada area sela-sela kecil seperti pada keyboard maupun pada casing laptop.

Blower jenis karet ini mudah digunakan dengan cara menekan bagian karet lalu arahkan ke area yang hendak dibersihkan. Dengan begitu, udara yang keluar dari tekanan akan mengangkat debu-debu pada laptop.

  • Cairan Pembersih Monitor 

Selanjutnya, untuk membersihkan layar laptop kamu perlu menyemprotkan cairan pembersih. Sehingga, cairan tersebut dapat melunturkan debu/kotoran yang menempel pada layar laptop.

Sebaiknya saat kamu ingin membersihkan layar/monitor, laptop kamu dalam keadaan mati.

  • Kain Microfiber 

Kain Microfiber ini kamu butuhkan untuk dapat membersihkan layar laptop yang telah disemprot cairan pembersih. Kain Microfiber ini memiliki tekstur yang sangat halus dengan pori-pori yang kecil sehingga mampu menyerap debu tanpa merusak bagian perangkat laptop.

Dengan begitu, kain ini akan mudah kotor dan kamu bisa mencucinya berkali-kali setelah digunakan.

  • Magic Gel

Berikutnya adalah Magic Gelyang berfungsi untuk mengangkat sela-sela keyboard laptop kamu yang biasanya sulit diakses karena terlalu menempel. Dengan menempelkan gel tersebut pada keyboard  lalu diangkat kembali maka kotoran akan ikut lengket pada gel.

  • Penyedot Debu Mini

Selain alat-alat sebelumnya, kamu bisa menggunakan alat penyedot debu mini yang dihubungkan melalui port USB laptop untuk membersihkan perangkat kesayangan di rumah.

Dengan menggunakan vacuum cleaner versi mini kamu bisa membersihkan keyboard laptop dengan maksimal.