Halo sahabat techie,

penting bagi kamu untuk selalu memberikan perhatian dan merawatnya agar laptop kamu bisa awet dan tidak cepat rusak. Kali ini kita akan membahas beberapa trik untuk membuat laptop menjadi awet!

  • Rutin Membersihkan Laptop 

Perangkat Laptop/PC sekalipun memiliki komponen yang beragam di dalamnya. Maka dari itu, kamu juga harus memberikannya kesempatan untuk dibersihkan.

Apalagi, bila laptop kamu terus digunakan secara ekstra. Sama seperti kendaraan bermesin lainnya, laptop juga perlu dibersihkan agar kotoran/debu tidak menumpuk dan menghambat kinerja laptop.

Kamu bisa membersihkan laptop kamu minimal tiga minggu sekali. Bukan hanya dari luar casing nya saja yang perlu dibersihkan, tapi komponen hardware di dalam juga butuh dibersihkan.

  • Mematikan Laptop Saat tidak digunakan 

Laptop juga butuh istirahat, sama seperti kita. Kamu sebaiknya jangan membiarkan laptop kamu terus menyala jika tidak digunakan. Bila hal ini terus terjadi, maka kamu harus siap menghadapi kerusakan pada hard disk laptop kamu. So, kasih laptop waktu me time ya Guys 🙂

  • Melepaskan Aksesoris/Peripheral yang terhubung 

Selain mematikannya saat laptop kamu tidak digunakan jangan lupa untuk mencabut semua aksesoris yang terpasang. Misalnya usb, kabel-kabel yang terhubung dan lain sebagainya. Hal ini juga tentunya untuk menghindari kerusakan pada laptop.

  • Update Software 

Haiyoo, siapa diantara kamu yang suka mengabaikan notifikasi update pada laptop?

Nah, sebenarnya sih memang terkadang timing update sering tidak tepat. Namun, jangan lupa untuk tetap melakukan update misalnya menjadwalkannya di waktu kamu luang. Karena rutin melakukan update software itu merupakan bentuk maintenace bagi laptop dan justru bisa memperkecil potensi kerusakan software laptop kamu.

  • Menghapus Bloatware 

Apa itu Bloatware?

Jadi, Bloatware itu merupakan software promosi yang dirangkai oleh merek laptop yang kamu gunakan. JIka kamu sudah membeli laptop baru, lebih baik aplikasi tambahan tersebut dihapus/ uninstall saja agar tidak memenuhi RAM dan menambah beban laptop saat beroperasi.

  • Memasang AntiVirus 

Salah satu software penting yang berperan sebagai alat proteksi pada laptop kamu adalah Antivirus. Kamu bisa meng-instal aplikasi Antivirus yang tidak berbayar untuk laptop kamu, tapi jangan yang bajakan ya Guys.

Kamu bisa meminta kepada tempat pembelian laptop untuk dipasangkan aplikasi Antivirusnya. Dengan demikian, kamu bisa melakukan scanning dan terjaga keamanan dari serangan virus.

So, itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindari laptop yang baru kamu beli dari kerusakan. Dan pastinya dengan kamu memberikan perawatan intensif serta menjaga kebersihan laptopmu, dijamin kamu dan laptopmu akan langgeng.

Jika kamu memiliki masalah pada  laptop/pc yuk langsung ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).