Halo sahabat techie,

Tumpahan kopi pada keyboard laptop adalah salah satu kecelakaan yang paling umum dan paling merusak yang bisa terjadi pada perangkat elektronik. Cairan tidak hanya bisa merusak keyboard, tetapi juga bisa meresap ke komponen internal dan menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Dalam artikel ini, kita akan membahas  langkah-langkah dan cara mengatasinya!

Cara Mengatasi dan Membersihkan Keyboard yang Terkena Tumpahan Kopi

  1. Bersihkan Permukaan Keyboard

Gunakan kain microfiber atau tisu yang tidak meninggalkan serat untuk menyerap sisa kopi di permukaan keyboard. Hindari menggosok terlalu keras untuk mencegah kopi masuk lebih dalam.

  1. Lepaskan Tombol yang Terkena Tumpahan

Jika kamu merasa nyaman melakukannya, lepaskan tombol-tombol yang terkena tumpahan untuk membersihkan area di bawahnya. Gunakan alat tumpul seperti kartu kredit atau alat plastik khusus untuk mengangkat tombol dengan hati-hati.

  1. Bersihkan dengan Alkohol Isopropil

Gunakan alkohol isopropil dengan konsentrasi 90% atau lebih tinggi untuk membersihkan residu kopi di bawah tombol. Alkohol isopropil cepat menguap dan tidak meninggalkan residu, sehingga aman digunakan pada komponen elektronik.

  1. Keringkan dengan Udara Bertekanan

Gunakan udara bertekanan untuk mengeringkan area yang terkena cairan dan membersihkan partikel kecil yang mungkin tersisa. Pastikan untuk tidak meniup udara terlalu dekat atau terlalu kuat agar tidak merusak komponen.

  1. Periksa Kembali Fungsi Keyboard

Setelah membersihkan dan mengeringkan keyboard, periksa kembali fungsinya dengan menghidupkan laptop. Jika beberapa tombol masih tidak berfungsi, pertimbangkan untuk mengganti keyboard atau membawa laptop ke teknisi profesional.

Jika kamu memiliki masalah pada  laptop/pc yuk langsung ke Pemmztechie aja dengan menghubungi Pemmztechie Customer Support WA