Halo sahabat techie,

Laptop pastinya sering kali terserang malware atau virus, tetapi tahukah kamu caranya untuk menghilangkan malware pada PC dan laptop kamu? Artikel kali ini akan membahas mengenai cara menghilangkan malware dan PC!

1. Pastikan mempunyai back up

Selalu sediakan backup data-data komputer atau laptop di harddisk eksternal atau cloud.

2. Putuskan Koneksi Internet

Segera putuskan koneksi internet jika malware sudah menyerang. Hal ini dilakukan untuk menghindari transmisi data dari komputer ke pihak penyerang melalui internet.

3. Menjalankan Safe Mode

Cara untuk masuk ke Safe Mode adalah :

  • Restart komputer atau laptop
  • Tekan F8 di keyboard
  • Muncul pilihan Safe Mode, yaitu Safe Mode (tanpa jaringan internet), Safe Mode with Networking (dengan jaringan internet), dan Safe Mode with Command Prompt.
  • Pilih Safe Mode

4. Hapus Temporary Files

Menghapus temporary files perlu dilakukan untuk mempercepat proses scanning, meringankan disk space, dan bahkan menghapus beberapa file malware.

5. Scan Perangkat Menggunakan Aplikasi Anti Malware

Cara untuk membuka Windows Defender : Settings > Update & Security > Windows Defender.

7. Hapus Program Tidak Dikenal

Uninstall program yang tidak kalian kenal. Untuk mengeceknya, buka File Explorer lalu klik This PC > Computer > Uninstall or change a program. Kamu juga bisa membukanya melalui Windows Settings > Apps. Cek satu per satu program yang ada.

8. Melakukan reset browser

Reset browser yang digunakan seperti : Mozila Firefox, Google Chrome, dan Microsoft Edge.

Nah itu dia tips menghilangkan malware pada laptop dan PC kalian. Jika kalian memiliki permasalahan malware atau virus, kalian bisa menghubungi Pemmztechie di nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).